Selasa, 16 April 2013

Program dan Kegiatan POLIJE 2012

Rembuk Politeknik Negeri Jember tahun 2102 diselenggarakan pada Kamis, 1 Maret 2012 bertempat di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja dimulai jam 08.30 sampai dengan 15.00 WIB diikuti semua pejabat struktural dan non struktural sebanyak 56 orang dengan agenda utama adalah Sosialisasi Kegiatan, Program Dan Anggaran Tahun 2012. Penyelenggaraan Rembuk ini diharapkan lebih mempunyai makna untuk membangun komunikasi antara pimpinan dan para pejabat pelaksana serta mensinergikan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan, khususnya dalam implementasi manajemen perencanaan yang berorientasi pada bottom up dan competition based yang lebih berdaya guna dan berhasil guna. Harapan ke depan, melalui rembuk ini, penyelenggaraan kegiatan rutin di setiap unit kerja dapat lebih ditingkatkan kualitas dan prestasinya dengan selalu mengedepankan obyektifitas, transparansi dan akuntabilitas serta mensinergikan setiap upaya pengembangan lembaga.

Paparan program, kegiatan dan anggaran Politeknik Negeri Jember tahun 2012 disampaikan oleh para Pembantu Direktur. Paparan program, kegiatan dan Anggaran bidang akademik disampaikan oleh Pembantu Direktur I, bidang administrasi umum dan keuangan disampaikan oleh Pembantu Direktur II dan bidang kemahasiswaan disampaikan oleh Pembantu Direktur III.

Bidang Akademik
Dr. Ir. Bagus Putu Yudhia K, MP
Program, kegiatan dan anggaran bidang akademik dipaparkan oleh Dr. Ir. Bagus P. Yudhia K, MP. Pada paparan tersebut disampaikan 3 kelompok program dan kegiatan bidang akademik, meliputi : Intangible Investment, Regular Program dan Strengtening Program (given program Ditjen Dikti dan Bottom-up Program). Pada kesempatan paparan tersebut disampaikan juga pentingnya sebuah proses atau siklus dalam sistem pendidikan tinggi. Keselarasan antara input, proses, output dam outcome menjadi keniscayaan. Pada proses pendidikan program yang dilaksanakan pada tahun 2012 adalah meliputi : (1) program given (System Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Program Detasering, Program Pengakuan Pembelajaran Lampau (PPL) pada program diploma, Sertifikasi pendidikan untuk Dosen, Implementasi Beban Kerja Dosen (BKD) dan evaluasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (TdPT), Sistem Pelaporan PDPT, Renstra Dosen (kuota BPPS pengirim untuk Dosen S2-S3), (2) APBN Non Fisik, meliputi : Peningkatan kapasitas pendidikan melalui sosialisasi dan implemantasi BKD, Workshop pengembangan kurikulum dan pembelajaran, Pengembangan SIAKAD terpadu, Pengembangan system pelaporan PDPT, Penguatan SPMI dan SMM ISO 9001:2008, Peningkatan rise dosen dalam riset dan pengembangan system informasi e-P3M dan layanan terpadu.

Bidang Administrasi Umum dan Keuangan
Ir. Saiful Anwar, STp, MP
Program, kegiatan dan anggaran bidang administrasi umum dan keuangan dipaparkan oleh Saiful Anwar, S.TP, MP. Pada paparan tersebut disampaikan pagu anggaran tahun 2012 sebesar Rp. 78.506.159.000,- yang terdiri dari Rupiah murni Rp. 52.977.128.000,- dan sisanya PNBP. Komposisi program kegiatan yang dibiayai dari rupiah murni meliputi : Penyediaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (kode 2012) sebesar 0,56 %; Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (kode 2013) sebesar 0,37 %; Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya Ditjen Dikti (kode 2014) sebesar 66,25 % serta Penyediaan Layanan Pembelajaran dan Kompeetnsi Mahasiswa (kode 4073) sebesar 32,82 %. Sedangkan dana PNBP digunakan sepenuhnya untuk program Layanan Tridharma Perguruan Tinggi.

Adapun prosentase penggunaan anggaran meliputi : 1) Belanja Pegawai (30 %); 2) Belanja Barang/operasional (41 %); 3) Belanja Modal/sarana prasarana termasuk peralatan (25 %) serta Belanja Sosial (4 %). Sedangkan bidang layanan pengadaan meliputi : 1) Pekerjaan Konstruksi, 2) Pengadaan Barang (sarana prasarana), Pengadaan Barang Habis Pakai dan 4) Pemeliharaan Peralatan.
Pada bidang Perencanaan meliputi : a) penyusunan LAKIP 2011, b) Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT), c) Penetapan Kinerja dan Kertas Kerja tahun 2012 serta d) Pengukuran Kinerja.
Kegiatan bidang Kepegawaian, meliputi : a) penyiapan software absensi PNS, b) penyusunan kebutuhan pegawai sampai tahun 2016, c) sosialisasi renumerasi pegawai, d) sosialisasi dan pelatihan jabatan fungsional, e) sosialisasi pertauran kedisiplinan pegawai. Sedangkan kegiatan bidang Hubungan Masyarakat, meliputi : a) pengembangan dan pengelolaan konten website : www.polije.ac.id, b) gathering dengan media, c) pelatihan jurnalistik sebagai modal dasar membangun jaringan informasi serta d) pengelolaan wisata edukasi sebagai penunjang promosi.

Bidang Kemahasiswaan
Ir. Joko Irsan, MP
Program, kegiatan dan anggaran bidang administrasi umum dan keuangan dipaparkan oleh Ir. Joko Irsan Sanyoto, MP. Pada paparan tersebut disampaikan arah program tahun 2012, meliputi : 1) reorientasi arah pengembangan kegiatan kemahasiswaan, yang lebih banyak pada bidang pengembangan penalaran mahasiswa, 2) peningkatan kedisiplinan mahasiswa, 3) peningkatan peran seluruh komponen dalam pembinaan kegiatan kemahasiswaan, 4) pengembangan program pendidikan karakter mahasiswa serta 5) pengembangan kewirausahaan mahasiswa.

Secara umum disampaikan juga pagu program dan kegiatan bidang kemahasiswaan meliputi : a) bantuan biaya pendidikan/beasiswa (Rp. 2.940 juta), b) program mahasiswa wirausaha (Rp. 240 juta), c) program pengembangan penalaran (Rp. 240 juta), d) program pengembangan minat bakat (Rp. 180 juta), e) program pengambangan kapasitas organisasi mahasiswa (Rp. 180 juta), f) program pengambangan pendidikan karakter (Rp. 360 juta) serta g) program layanan tridharma perguruan tinggi (Rp. 1.376,125 juta).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar