Minggu, 28 April 2013

Siapkan Lulusan Sesuai Kebutuhan Kerja

ALUMNI Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe hingga 2012 sudah mencapai 1.378 orang. Mereka kini sudah bekerja di berbagai instansi pemerintahan dan swasta. Sebelum menyelesaikan pendidikan diploma tiga (D-II)I, mahasiswanya telah dibekali dengan kemampuan sesuai program studi (prodi) yang dipilih.

Politeknik didirikan tahun 1985 melalui dana Bank Dunia XIII, yang berada di bawah naungan Universitas Syiah Kuala. Lalu, pada tahun 1998 menjadi kampus mandiri, Politeknik Negeri Lhokseumawe. Untuk mengembangkan misinya, Politeknik pada 2004 membuka jurusan Tata Niaga dengan tiga prodi yaitu prodi Akutansi, Keuangan Perbankan, dan Administrasi Bisnis.

“Sebelumnya prodi yang paling banyak diminati lulusan adalah prodi keuangan perbankan. Namun, sekarang prodi yang terbanyak mahasiswa adalah akutansi yang mencapai 160 orang,” kata Ketua Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe, Lukman SE MSiAk.

Untuk meningatkan kualitas lulusan, menurut Lukman, pihaknya selama ini terus memperbanyak berkerja sama dengan pihak perbankan di Aceh Utara dan Lhokseumawe, perusahaan sebagai tempat magang mahasiswa, dan sejumlah perusahaan yang memproduksi software.

Tujuannya adalah, memudahkan pihak kampus mendapatkan produk software terbaru sesuai yang digunakan perbankan dan perusahaan lain untuk kebutuhan praktikum mahasiswa. Dikatakan, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan sejumlah Perguruan tinggi lain di Indonesia. “Sehingga banyak lulusan kita selama ini yang mendapat tawaran  bekerja di bank,” katanya.

Ditambahkan, tahun 2010 pihaknya menambah satu prodi lagi, yaitu Perbankan Syariah. Untuk mendukung proses perkuliahan, menurutnya, ke empat prodi itu telah dilengkapi dengan sembilan ruang lab dan perpustakaan sebagai sarana pendukung. * jafaruddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar